Senin, 25 November 2013

3 Teknik Jitu Mengolah Limbah Tahu (by Bambang)

  Pengelolaan Limbah Tahu


      
Air limbah tahu yang dihasilkan dari proses pembuatan tahu biasanya oleh industri ditampung dibak penampungan air limbah sebelum dibuang kelingkungan dan ada juga yang dibuang langsung ke saluran irigasi.

1.      Gas bio.





Beberapa industri menggunakan bak penampungan dalam pengelolaan air limbah tahu. Bak-bak penampungan tersebut ada yang dibuat sistem kedap udara/ rapat udara dan ada yang sistem terbuka. Bak sistem kedap udara dengan proses anaerobik yang dapat menghasilkan gas alami (bio gas) yang kemudian ditampung dengan drum kemudian gas tersebut disalurkan melalui selang ke dapur yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan memasak.
Air limbah yang ditampung di bak- bak terbuka dibiarkan mengalir dan tergenang secara terbuka lalu mengalir ke saluran irigasi. Dalam hal ini bau busuk dari limbah tahu masih menyengat .


2.      Sebagai sumber pupuk pertanian





Air limbah tahu yang mengandung zat organik oleh industri langsung dibuang ke saluran irigasi dapat dimanfaatkan untuk kesuburan tanah pertanian. Air limbah tahu merupakan limbah organik mudah terurai dan baik untuk pertanian. Biasanya para petani mencari air untuk mengairi sawahnya dan memanfaatkannya. Selain itu air limbah tahu juga berguna untuk tambahan makanan ikan-ikan peliharaan disawah. Biasanya para petani yang mengelola ikan disawah secara rutin dan terus menerus mengaliri sawahnya untuk makanan ikan. Dan hasilnya pun ikan cepat besar.Namun apabila konsentrasi air limbah terlalu pekat, maka air limbah tahu dapat menjadi sumber pencemaran air persawahan dan kolam sehingga ikan- ikan yang dipelihara disawah dan dikolam akan mati.

3      Limbah padat





Ampas tahu yang dihasilkan biasanya oleh industri tahu dijual untuk dimanfaatkan dalam pembuatan tempe gembus. Selain itu ampas tahu oleh peternak digunakan untuk pakan ternak sapi, kambing dan babi serta itik.


  Kesimpulan
1.      Selain produk utama yang dihasilkan industri tahu berupa tahu, krupuk tahu, juga menghasilkan produk sampingan berupa air limbah tahu dan ampas tahu.
2.      Air limbah tahu yang dikelola dengan baik oleh industri dapat dimanfaatkan untuk pembuatan gas bio.
3.      Air limbah tahu oleh sebagian industri dibuang langsung ke saluran irigasi.
4.      Petani memanfaatkan air limbah tahu untuk kesuburan pertanian dan juga untuk irigasi perikanan.
5.      Masih menimbulkan bau busuk dilingkungan sekitarnya.
6.      Ampas tahu dimanfaatkan untuk pembuatan tempe gembus dan untuk pakan ternak.

Nantikan postingan pengelolaan limbah selanjutnya "Mengolah Kotoran Ayam Menjadi Pupuk Super  Sekian dahulu postingan kali ini dan semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN MONGGO JIKA ANDA INGIN KOMENTAR. NAMUN TOLONG GUNAKAN BAHASA YANG SOPAN

 

Blogger news

Blogroll

About